Pasang IKLAN

Mau Pasang iklan?? 30rb/bulan. berminat kirim email ke hadisucipto1989@yahoo.com. Atau isi coment untuk memesan tempat.


Selamat Datang di Blog Gery Casakom Tempat Belajar Bersama Berbagi Ilmu dan Pengalaman
free counters
ShoutMix chat widget

Kamis, 29 Oktober 2009

Teori Organisasi

Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang di koordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja secara terus menerus untuk mencapai tujuan bersama.

Definisi Tersebut mengandung arti:

1. Dikoordinasikan secara sadar  secara manajemen.
2. Kesatuan sosial  terdiri dari orang –orang yang berinteraksi satu sama lain.
3. Batasan yang relatif dapat diidentifikasi  batasan dapat berubah dalam kurun waktu tertentu.
4. Bekerja relatif terus menerus  keterikatan terus menerus tapi tidak seumur hidup.
5. Tujuan bersama tidak dapat dicapai secara individu.

Organisasi menurut James D. Money
Organisasi adalah Bentuk setiap perserikatan manusia untuk pencapaian suatu tujuan bersama.


Menurut definisi terdapat 2 sifat umum organisasi
1. Mempunyai tujuan
2. Terdiri dari manusia-manusia
3. Berbentuk struktur yang dinamis yang mengatur perilaku anggotanya.

PELAKSANAAN REKRUITMEN YANG EFEKTIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT KARYA NIAGA BERSAMA MALANG (Bagian Produksi Sigaret Kretek Mesin/SKM)
Pada abad ke 21 ini yang merupakan era kompetisi global, setiap perusahaan menghadapi tingkat persaingan yang semakin tajam. Untuk menghadapi persaingan tersebut, perusahaan seharusnya memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage) tertentu dibandingkan dengan para pesaingnya. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif umumnya memiliki sumber-sumber yang dapat diandalkan dalam rangka memenangkan persaingan. Salah satu sumber tersebut adalah sumber daya manusia. Dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat dikemukakan bahwa sumber daya manusia di era kompetisi ini sangat menentukan keberhasilan perusahaan.
Keunggulan daya saing yang lain seperti teknologi produk, desain organisasi memerlukan bantuan sumber daya manusia untuk mengoperasionalkannya. Kompetensi yang dimiliki sumber daya manusia membuat sumber daya manusia mampu menggali potensi dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang lainnya untuk mencapai profitabilitas perusahaan. Untuk dapat mencapai profitabilitas tersebut, sumber daya manusia harus diperhatikan dengan baik karena manusia adalah sumber daya terpenting suatu perusahaan yang memberikan tenaga, bakat, kreatifitas dan usahanya kepada perusahaan (Handoko, 1998). Mengingat peranan sumber daya manusia yang sedemikian berharga bagi perusahaan, manajer harus mampu mempersiapkan, mengelola dan mempertahankan sumber daya manusia yang dimilikinya agar sumber daya manusia tersebut mampu memberikan kontribusi secara optimal terhadap pencapaian organisasi.
Permasalahan penting yang dihadapi oleh seorang manajer salah satunya adalah mengenai manajemen sumber daya manusia, karena manajemen sumber daya manusia memiliki tingkat persaingan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membutuhkan manajemen perusahaan yang baik, maka tujuan yang telah disepakati bersama dapat tercapai.
Masalah tenaga kerja saat ini adalah kompleks karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat dan adanya pertumbuhan persaingan. Tantangan utamanya adalah bagaimana memilih, mengelola karyawan dengan efektif dan menghapuskan praktek-praktek yang tidak selektif, yaitu dengan cara ketepatan melakukan kegiatan rekruitmen, hal ini akan terlihat dari hasil penilaian kerja setelah para pekerja melaksanakan tugas-tugas pokoknya untuk suatu periode tertentu. Dalam kondisi lingkungan di atas seorang manajer dituntut untuk selalu mengembangkan cara-cara baru untuk dapat menyeleksi dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi yang diperlukan perusahaan agar tetap mampu bersaing.
Untuk membentuk tenaga kerja yang berkualitas maka perlu menentukan kualifikasi mengenai tenaga kerja yang dibutuhkan dan menempatkannya pada jabatan yang tepat, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai. Untuk mencapai tujuan perusahaan maka diperlukan suatu perencanaan tenaga kerja yang baik untuk masing-masing divisi atau departemen yang ada di dalam perusahaan. Dengan adanya perencanaan tenaga kerja, diharapkan pihak perusahaan akan memperoleh informasi yang berkaitan dengan penentuan kualitas tenaga kerja yang diperlukan perusahaan untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada secara efektif.
Berkaitan dengan hal tersebut, PT. Karya Niaga Bersama adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak dalam bidang industri rokok kretek yang memproduksi rokok dengan merk “Grendel” yang berkembang pesat dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya yang ada di Indonesia, tentunya juga membutuhkan suatu perencanaan tenaga kerja yang cermat dan tepat agar tetap dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan rekruitmen yang efektif dan dampaknya terhadap kinerja karyawan, penulis mencoba melakukan pengamatan di PT. Karya Niaga Bersama Malang.
Saran :
Menurut saya Sekarang ini banyak tersedia calon-calon tenaga kerja yang mempunyai latar belakang pendidikan yang memadai, tetapi tidak semua calon tenaga kerja mempunyai kemampuan yang sesuai dalam memajukan perusahaan. Sedangkan sekarang ini sebuah organisasi atau perusahaan membutuhkan calon tenaga kerja yang mampu bekerja secara baik dan berkualitas, maka langkah-langkah yang dilakukan suatu perusahaan untuk merekrut tenaga kerja adalah melaksanakan proses rekruitmen yang efektif agar di kemudian hari akan diperoleh produktifitas dan kinerja yang tinggi dari karyawan.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management