Pasang IKLAN

Mau Pasang iklan?? 30rb/bulan. berminat kirim email ke hadisucipto1989@yahoo.com. Atau isi coment untuk memesan tempat.


Selamat Datang di Blog Gery Casakom Tempat Belajar Bersama Berbagi Ilmu dan Pengalaman
free counters
ShoutMix chat widget

Minggu, 23 Mei 2010

Pemrograman Berbasis Objek

12. Pemrograman Berbasis Objek

• Konsep PBO
• Encapsulation
• Inheritance dan Polymorphism
• Constructor dan Destructor
• Operator Overloading
• Friend Function
Pemrograman
Procedural Murni
Objek

Variabel_1
…….
Variabel_n
Konstranta_1
Konstranta_n
Fungsi_1
….
Fungs


Ilustrasi

• Properti : data-data milik objek
contoh : Objek Orang
Properti : nama,berat badan, tinggi,dll
• Method:Perilaku yang dimiliki objek
contoh: berjalan,makan,marah,dll
• Event: Kejadian yang menimpa objek
contoh: dipukul,lapar,mengantuk,dll
>>> Model Pemrograman Property_method_event
‘Ketika lapar(event),orang melakukan pekerjaan yaitu makan(method)
• Konsep utama pemrograman berorientasi objek yaitu melakukan permodelan objek dari kehidupan nyata ke dalam tipe data abstrak.
Pemrograman berorientasi objek merupakan konsep pemrograman untuk memodelkan objek yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan konsep ini membawa perubahan yang mendasar dalam konsep pemrograman terstruktur
Perubahan dramatis dalam konsep dasar disebut paradigma, banyak orang yang menyebut “paradigma OOP” karena memang OOP membawa konsep yang sama sekali berbeda
dengan bahasa pemrograman generasi sebelumnya (bahasa pemrograman terstruktur).
Setiap objek dalam kehidupan nyata dapat kita pandang sebagai kelas, misalnya kelas Hewan, kelas Manusia,kelas Mobil.
• Objek dari kelas tersebut misalnya sapi dan ayam untuk kelas Hewan
• Budi dan Tono untuk kelas Manusia
Kesimpulan
Dengan OOP, kita dapat mengimplementasikan objekt data yang tidak hanya memiliki ciri khas (attribut), melainkan juga memiliki metode untuk memanipulasi attribut tersebut. Singkatnya, OOP memiliki keunggulan dari konsep pemrograman terstruktur, selain itu juga memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan objek dalam kehidupan nyata

Struktur Kelas
• Sebagai langkah pertama dalam OOP akan kita bahas pendefinisian kelas di C++. 1.2
• Penulis telah mencontohkan beberapa kelas yang lazim kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Amati contoh lain dari kehidupan kita, dengan mendeklarasikan sebuah kelas bernama BilanganRasional :

Contoh:Sebuah kelas :Bilangan Rasional
• class BilanganRasional
• {
• public :
• void assign (int,int);
• void cetak();
• private :
• int pembilang, penyebut;
• };
Penjelasan
• Perhatikan contoh di atas. Untuk mendefinisikan sebuah kelas, dipakai kata kunci class, diikuti dengan pendeklarasian nama kelas tersebut.
• Fungsi assign() dan cetak() disebut member function(member fungsi).
Sedangkan variabel pembilang dan penyebut disebut member data (member data atau member variabel). Disebut member karena kesemuanya merupakan anggota dari kelas BilanganRasional

• Perhatikan kata kunci Public dan Private. Member functions pada contoh di atas dideklarasikan sebagai fungsi global, sedangkan member data dideklarasikan sebagai lokal. Perbedaannya, member global dapat diakses dari luar kelas, sedangkan member lokal hanya dapat diakses dari kelas itu sendiri.
• Sekarang, dimana kita telah menciptakan kelas Bilangan Rasional, kita dapat mendeklarasikan sebuah objek dari kelas BilanganRasional sebagai berikut : BilanganRasional objekBilangan;
• objekBilangan = nama dari objek tersebut, dan BilanganRasional = nama kelas yang ingin kita buat objeknya.
• Proses pembuatan sebuah objek disebut penginstansian (bukan penginstalasian), dan sebuah objek disebut instans (instance) dari sebuah kelas.

class BilanganRasional
{
public :
void assign (int,int);
void cetak();
private :
int pembilang, penyebut;
};
void main()
{
//mendeklarasikan objekBilangan seperti telah dibahas di atas
BilanganRasional objekBilangan;
// member fungsi assign() dipanggil.
objekBilangan.assign (22,7);
// member fungsi cetak() dipanggil.
ObjekBilangan.cetak();
}

void BilanganRasional::assign(int pemb, int peny)
{
pembilang = pemb;
penyebut = peny;
}
void BilanganRasional::cetak()
{
cout<}

Ciri OOP
• 1. Inheritance
• 2. Encapsulation
• 3. Polymorphism
1. Inheritance(penurunan sifat)
2. Merupakan ciri Utama OOP
3. Sifat-sifat yang terdapat pada kelas induk (base class) akan dimiliki oleh kelas turunannya(derived class).
4. Tetapi bergantung juga kepada access specifier yang diberikan dalam proses penurunan kelas.

Sifat Access spesifier pada penurunan kelas

• Jika diturunkan sebagai Public, maka:
- Bagian Public yang terdapat pada kelas induk
akan tetap menjadi bagian public pada kelas
turunannya.
- Bagian Protected yang terdapat pada kelas
induk tetap akan menjadi bagian protected pada
kelas turunannya
- Bagian Private yang terdapat pada kelas induk
tetap tidak dapat diakses oleh kelas turunannya

Sifat Access spesifier pada penurunan kelas(lanjut)

• Jika diturunkan sebagai Private, maka:
- Bagian Public yang terdapat pada kelas induk
akan menjadi bagian private pada kelas
turunannya.
- Bagian Protected yang terdapat pada kelas
induk akan menjadi bagian privated pada
kelas turunannya
- Bagian Private yang terdapat pada kelas induk
tetap tidak dapat diakses oleh kelas turunannya

Bentuk Umum Inheritance

Class nama_kelas_turunan : access_specifier nama_kelas_induk{
Tingkat_akses;
deklarasi_data;
……
Deklarasi_fungsi;
…..
};

>>>Access_specifier : keyword public dan private

Inheritance
• Fungsi Virtual
• Kelas Abstrak
• Multiple Inheritance
Encapsulation(Pengkapsulan)
• Proses pembungkusan / penyederhanaan dari beberapa data serta fungsi menjadi sebuah kelas.
• Contoh:
Objek Persegi panjang, di dalamnya terdapat variabel panjang,lebar,fungsi set_sisi(),fungsi get_luas()
Contoh:
Class PERSEGI PANJANG {
int panjang;
int lebar;
public:
void set_sisi(int p, int l) {
panjang = p;
lebar = l;
}
int get_luas() { return panjang * lebar; }
};

Konstruktor

• Sebelumnya kita telah menggunakan member fungsi assign() untuk memasukkan nilai ke dalam member variabel pembilang dan penyebut.
• Sebuah konstruktor melakukan tugas yang sama dengan fungsi assign(), sehingga Anda tidak perlu repot-repot memanggil fungsi assign() untuk setiap objek yang Anda deklarasikan.
• Sebuah konstruktor harus mempunyai nama yang sama dengan kelas
dimana konstruktor tersebut berada, dan dideklarasikan tanpa return value (nilai balik), juga tanpa kata kunci void.

Mari kita kembangkan kelas BilanganRasional yang telah kita bahas sebagai berikut :
class BilanganRasional
{
public :
//KONSTRUKTOR BilanganRasional
BilanganRasional(int pemb, int peny)
{
pembilang = pemb;
penyebut = peny;
}
private :
int pembilang, penyebut;
};
Bandingkan struktur konstruktor dengan fungsi assign() yang di bahas
sebelumnya.
Konstruktor BilanganRasional melakukan tugas yang sama dengan
member fungsi assign().
Bedanya hanya terletak pada pemanggilan fungsi dan konstruktor tersebut.
Jika fungsi assign() harus kita panggil dengan didahului o/ pendeklarasian
sebuah objek, kemudian fungsi dari objek tersebut dipanggil dengan
operator titik disertai nilai yang ingin kita input, misal
BilanganRasional x;
x.assign(22,7);
maka konstruktor cukup dipanggil sebagai berikut :
BilanganRasional x(22,7);
Kedua varian tersebut melakukan hal yang sama, yakni menginitialisasikan
nilai 22 ke member variabel pembilang, dan nilai 7 ke variabel penyebut.

Konstruktor Dengan Initialization Lists
• Penulisan konstruktor dengan daftar initialisasi (initialization lists) merupakan fasilitas yang disediakan oleh C++ untuk menyederhanakan struktur konstruktor. Ini berarti, contoh konstruktor di atas dapat pula ditulis sebagai berikut :
• class BilanganRasional
• {
• public :
• BilanganRasional(int pemb, int peny) : pembilang(pemb),
• penyebut(peny) { }
• private :
• int pembilang, penyebut;
• };
• Contoh di atas menghasilkan fungsi yang sama dengan konstruktor yang kita bahas sebelumnya.

Overloading Constructors
Sama halnya seperti fungsi, constructor juga dapat mempunyai nama yang sama tetapi mempunyai jumlah dan tipe yang berbeda pada parameternya. Pada saat pemanggilan kompiler akan meng-eksekusi yang sesuai pada saat objek class di deklarasikan.
Pada kenyataannya, ketika dideklarasikan sebuah class dan tidak disebutkan constructornya, maka kompiler secara otomatis akan mengasumsikan dua constructor overloaded ("default constructor" dan "copy constructor").
CopyConstructor

Kita telah mempelajari bagaimana struktur sebuah
konstruktor serta bagaimana membuat objek dari
konstruktor yang telah didefinisikan.Tetapi, coba
Bayangkan bila Anda telah mempunyai sebuah
objek x, kemudian Anda menginginkan membuat
sebuah objek y yang memiliki nilai member data
dan member fungsi yang sama.
Tentu saja Anda dapat mendeklarasikan objek baru
dengan memanggil konstruktor yang sama sebanyak
2 kali :
Contoh:
BilanganRasional x(22,7);
BilanganRasional y(22,7);
Perintah di atas mendeklarasikan 2 objek, yakni x dan y
yang masing-masing memiliki nilai 22 pada member
variabel pembilang dan 7 pada member variabel penyebut.
Akan tetapi, Anda dapat juga mempersingkat kode diatas
dengan perintah berikut :
BilanganRasional x(22,7);
BilanganRasional y(x);
Listing contoh copy constructor

class BilanganRasional
{
public :
BilanganRasional(int pemb, int peny) : pembilang(pemb),
penyebut(peny) { }
//CopyConstructor terdapat disini
BilanganRasional(const BilanganRasional& br) :
pembilang(br.pembilang), penyebut(br.penyebut) { }
private :
int pembilang, penyebut;
};
void main()
{
BilanganRasional x(22,7);
BilanganRasional y(x);
}

Deklarasi CopyConstructor otomatis dipanggil
ketika Anda mengkopi objek x ke objek y.
Perhatikan bahwa x menjadi parameter ketika
kita mendeklarasikan objek y.

Destruktor
Jika kita mendeklarasikan konstruktor untuk membuat sebuah objek, maka kita juga harus mendeklarasikan sebuah destruktor untuk menghapus sebuah objek.
Setiap kelas mempunyai tepat satu destruktor. Jika Anda tidak mendeklarasikan sebuah destruktor dalam sebuah kelas, maka destruktor otomatis akan diciptakan sendiri oleh compiler C++. Destruktor dapat kita definisikan
sendiri dengan simbol ~.

Disarankan untuk mendefinisikan sendiri destruktor walaupun secara otomatis compiler C++ akan mendeklarasikan sebuah destruktor pada saat program Anda dicompile, tetapi dengan mendefinisikan sendiri sebuah destruktor maka Anda mempunyai kontrol penuh
terhadap apa yang dilakukan destruktor dari kelas Anda.
Perhatikan listing di bawah :

class BilanganRasional
{
public :
BilanganRasional() {cout <<"Konstruktor dipanggil\n";}
//Destruktor dari kelas BilanganRasional
~BilanganRasional() {cout <<"Destruktor dipanggil\n";}
private :
int pembilang, penyebut;
};
void main()
{
BilanganRasional x;
cout<<"Disini main program\n" ;
}


Constructor VS Destructor

Dari contoh di atas dilihat bahwa :
- konstruktor dipanggil ketika objek x dibuat.
- destruktor secara otomatis dipanggil oleh
compiler ketika objek x meninggalkan blok
main().
- Hal ini sesuai dengan kaidah kelokalan objek di
C++.


Bikin 25 soal dari bahan ini……………………………… semangat……………….

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management